STMI

Artikel Jurnal

    Judul: ANALISIS PEMILIHAN MEJA LAPTOP PORTABLE PADA MARKETPLACE E-COMMERCE
    Penulis: Ahmad Juniar
    Jurnal/Volume: Jurnal Teknologi dan Manajemen Volume 17 No 1 Februari 2019
    Abstrak:

    Dengan berkembangnya teknologi informasi dan mobile computingsaat ini, produk-produk industri dapat dipasarkan melalui kanal e-commerce. Saat ini banyak kanal-kanal e-commerce yang membantu memasarkan produk. Salah satunya adalah Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dan Alibaba. Dengan adanya marketplace, konsumen mempunyai banyak pilihan dalam memilih produk yang mereka inginkan. Di sisi lain, produser harus mampu memberikan keunggulan kompetitif baik dari sisi harga, kualitas, fitur maupun model. Memilih produk menjadi problem tersendiri bagi konsumen karena banyaknya  kriteria yang ditetapkan, misalnya: harga paling murah, kualitas paling baik, bentuk produk yang paling ringan atau dimensi compact serta fitur yang banyak. Setiap kriteria memiliki target yang berbeda, apakah bernilai maksimal atau minimal. Problem Multi Attribut Decision Making (MADM) dapat diselesaikan dengan Simple Additive Weighting (SAW). Konsumen dapat memilih produk terbaik berdasarkan preferensi yang ditetapkan. Dengan metode SAW, jumlah kriteria dan bobotnya harus ditetapkan. Nilai-nilai kandidat pada tiap kriteria harus ditetapkan. Lalu dilakukan perhitungan normalisasi dan vektor untuk mendapatkan hasil terbaik.

    Kata Kunci: Multi Atribut Decision Making (MADM), Simple Additive Weighting, Kriteria, Bobot, Kandidat.
    Isi: