STMI

Artikel Jurnal

    Judul: ANALISIS PENGARUH PERSEPSI PROMOSI OLEH KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR TIPE MATIK DIBA WAH 150 CC
    Penulis: Fitra Aprilindo Sase
    Jurnal/Volume: Jurnal Teknologi dan Manajemen Volume 17 No 1 Februari 2019
    Abstrak:
    Sepeda motor tipe matik dibawah 150 cc saat ini menjadi tipe yang paling banyak digemari konsumen. Tingkat penjualan sepeda motor tipe matik ditentukan oleh keputusan pembelian konsumen. Keputusan pembelian konsumen tersebut dipengaruhi oleh berbagai persepsi konsumen salah satunya adalah persepsi terhadap promosi. Hipotesis pada penelitian ini. Semakin baik persepsi promosi oleh konsumen maka seamkin tinggi kecenderungan keputusan pembelian sepeda motor tipe matik dibawah 150 c. Populasi pada penelitian ini adalah pemilik sepeda motor tipe matik dibawah 150 cc dengan jumlah sampel 100 responden.Hasil uji SEM didapati telah memenuhi kriteria Goodness-Of-Fit yaitu: chi­ square= 11.565; CMIN/DF= 1.446; Probability= 0, 172; GFI= 0.965; AGFI= 0.907; TLI= 0.985 CFI= 0.992; dan RMSEA= 0.067. Hasil uji hipotesis didapati nilai CR 8.231 dan propabilty 0.000 dan diinterpretasikan variabel persepsi promosi memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pemebelian sehingga hipotesis awal diterima. Hasil dari penelitian ini menimbulkan pemahaman bahwa dengan menciptakan persepsi promosi yang baik maka akan menyebabkan kecenderungan konsumen untuk mengambil keputusan pembelian sepeda motor tipe matik dibawah 150 cc.
    Kata Kunci: Sepeda motor matik 150 cc, persepsi promosi, keputusan pembeliam
    Isi: