Close
Home
Profil
Berita
Daftar Jurnal
Karya Ilmiah Lain
Karya Ilmiah Lain Jenis Buku
Karya Ilmiah Lain Jenis Jurnal
Pengabdian Masyarakat
Login Admin
Jurnal Terbaru
Jurnal Teknologi dan Manajemen Volume 18 No 2 Agustus 2020
Jurnal Teknologi dan Manajemen Volume 18 No 1 Februari 2020
Artikel Jurnal
Judul:
MINIMASI CACAT PRODUK BRACKET CENTER SUPPORT BEARING CUP A D01N DENGAN METODE DMAIC DI PT NUSA INDAH JAYA UTAMA
Penulis:
Juhari Mas'udi, Hasan Sudrajat, Lidya Febriani
Jurnal/Volume:
Jurnal Teknologi dan Manajemen Volume 17 No 1 Februari 2019
Abstrak:
PT Nusa Indah Jaya Utama merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur untuk memproduksi komponen otomotif kendaraan mobil dan motor. Produk yang dihasilkan salah satunya adalah
Bracket Center Support Bearing Cup A D01N
yang berfungsi sebagai dudukan pada jok depan kendaraan mobil. Namun, dalam pelaksanaannya produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan standar dan dijumpai kecacatan pada produk tersebut. Berdasarkan pengamatan dan pengumpulan data cacat produk
Bracket Center Support Bearing Cup A D01N
pada bulan April Juni 201 7 diketahui bahwa rata-rata persentase cacat terbesar, yaitu 10,06%.Tingginya persentase cacat tersebut maka perusahaan perlu melakukan perbaikan kualitas untuk mengatasi masalah tersebut. Oleh karena itu, digunakan metode
Define
,
Measure
,
Analyze
,
Improve
, dan
Control
(DMAIC) dalam pemecahan masalah tersebut. Tahap
define
terpilih produk
Bracket Center Support Bearing Cup A D01N
sebagai produk yang memiliki persentase cacat terbesar dibandingkan j enis produk lainnya. Pada tahap
measure
diperoleh karakteristik kualitas atau
Critical to Quality
(CTQ) yang ditemukan pada proses pembuatan produk
Bracket Center Support Bearing Cup A D01N
, yaitu renggang. Karakteristik kualitas (CTQ) ditentukan dengan diagram Pareto yang dibuat. Selanjutnya dibuat peta kendali p untuk mengetahui data produk berada dalam batas kendali atau tidak sehingga dapat dilakukan analisis untuk mengetahui penyebab masalah terse but. Selanjutnya dilakukan perhitungan DPMO sebesar 16. 771
pieces
dan
level sigma
yang dikonversikan sebesar 3,6256. Pada tahap
analyze
dilakukan analisis dengan menggunakan diagram sebab-akibat untuk mengetahui akar permasalahan yang berpengaruh terhadap cacat tersebut. Faktor yang mempengaruhi terjadinya cacat tersebut ialah faktor manusia, mesin, metode, dan lingkungan. Faktor manusia disebabkan kurangnya
skill
operator dalam melakukan
setting dies
, faktor mesin disebabkan karena kurang perawatan terhadap
dies
yang digunakan menyebabkan
dies
menjadi aus, faktor metode disebabkan karena tidak adanya
Standard Operation Procedure
(SOP), dan faktor lingkungan disebabkan karena kurangnya sirkulasi udara. Permasalahan atau kegagalan tersebut diperbaiki pada tahap
improve
dengan melakukan perawatan terhadap
dies
yang digunakan dan memasang kipas angin atau
exhaust
untuk mengurangi suhu pabrik yang panas. Tahap
control
dilakukan setelah implementasi perbaikan. Hasil implementasi perbaikan diperoleh penurunan nilai DPMO dari 16.771 menjadi 15.301 dan mengalami peningkatan level sigma dari 3,6256 menjadi 3,6622.
Kata Kunci:
CTQ; DPMO; Diagram Sebab-akibat; Level Sigma; DMAIC
Isi: