STMI

Artikel Jurnal

    Judul: ANALISIS PERSEPSI KUALITAS PRODUK DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PRODUK BUSI MEREK DENSO DI WILAYAH JAKARTA
    Penulis: Sonny Taufan
    Jurnal/Volume: Jurnal Teknologi dan Manajemen Volume 17 No 2 Agustus 2019
    Abstrak:

    Peran persepsi kualitas merupakan hal yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Peran tersebut dapat mengembangkan PT Denso Indonesia dalam meningkatkan kualitas dari produk yang dihasilkan terutama produk busi, dan nilai pelanggan pun menjadi acuan bagi perusahaan untuk membuat produk sesuai dengan apa yang pelanggan butuhkan, Namun, pada praktiknya perusahaan memiliki beberapa pesaing yang memiliki kelebihan-kelebihan diantaranya yaitu menjual produk dengan harga yang lebih murah serta masa pakai yang lebih tahan lama. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui Analisis Persepsi Kualitas dan nilai pelanggan terhadap kepuasan pelanggan pada produk busi merek Denso di wilayah Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan data primer yang bersumber dari kuesioner penelitian yang disebarkan kepada 96 orang responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, analisis korelasi, analisis regresi, koefisien determinasi, uji F, dan uji t dengan cara manual dan bantuan SPSS versi 24. Dari hasil tersebut, diperoleh persamaan regresi Y = 9,92 + 0,78X1 – 0,04X2 yang artinya adalah nilai a menunjukkan bahwa apabila tidak ada variabel bebas (persepsi kualitas dan nilai pelanggan), maka variabel terikat (kepuasan pelanggan) adalah sebesar 9,92. Nilai b1 yang merupakan persepsi kualitas memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan nilai b2 yang merupakan nilai pelanggan memberikan pengaruh negatif terhadap kepuasan pelanggan. Koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 63% dimana variabel persepsi kualitas dan nilai pelanggan memberikan pengaruh terhadap kepuasan pelanggan dan sisanya 37% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

    Kata Kunci: Persepsi Kualitas, Nilai Pelanggan, dan Kepuasan Pelanggan
    Isi: