STMI

Artikel Jurnal

    Judul: MENENTUKAN ATRIBUT-ATRIBUT KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI SKALA PRIORITAS PERBAIKAN PADA
    Penulis: PH. Saragi
    Jurnal/Volume: Jurnal Teknologi dan Manajemen Volume 10 No 2 Agustus 2012
    Abstrak:

    Sekolah Tinggi Manajemen Industri telah membuka jurusan baru yaitu jurusan bisnis industri yang disingkat menjadi MBI. Dari sejak tahun 2007 sampai sekarang telah berkembang dan telah meluluskan beberapa mahasiswa. Program yang dilakukan adalah Diploma IV yaitu merupakan program vokasi mengarah kepada kelulusan yang siap pakai. Oleh karena itu pelayanan terhadap mahasiswa tentang proses belajar mengajar merupakan hal yang sangat penting dan harus dapat perhatian dari Sekolah Tinggi Manajemen Induatri khususnya pada jurusan MBI. Berdasarkan pengamatan dan wawancara dengan beberapa mahasiswa diduga kualitas pelayanan yang dilakukan masih belum optimal karena banyak yang masih belum sesuai dengan harapan mahasiswa. Sejauh mana jenjang ketidaksesuaian antara harapan dengan kenyataan yang dirasakan dari setiap bagian pasti berbeda sehingga diperlukan analisa tentang perbedaan tersebut agar dapat mencari solusi penyelesainnya. Jenjang tersebut mungkin tidak dapat diselesaikan dengan cara sekaligus namun skala prioritas merupakan hal yang penting diketahui kaprodi jurusan MBI dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan belajar mengajar. Oleh karena itu maka secara teoritis dimensi pelayanan ada 5 yaitu: Realibility, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangible. Hal ini meliputi tentang seluruh pelayanan yang dilakukan oleh STMI terhadap mahasiswa sehingga mana yang harus di skala prioritaskan akan dapat dipetakan melalui diagram kartesius setelah dianalisa menggunakan IPA analysis. Maka berdasarkan hal tersebut judul penelitian yang dilakukan adalah: “Menentukan Atribut-Atribut Kualitas Pelayanan Sebagai Skala Prioritas Perbaikan Pada Sekolah Tinggi Manajemen Industri Di Jakarta”. Berdasarkan hasil analisa tingkat kesesuaian maka diperoleh tiga atribut dalam kategori kurang baik yaitu kehadiran dosen pada saat mengajar tepat waktu dan disiplin, ruang tunggu mahasiswa dan ruang belajar serta diskusi, dan area parkir mobil dan sepeda motor. Sedangkan melalui IPA Analysis, ada enam atribut yang menjadi skala prioritas perbaikan dimana tiga diantaranya telah disebut diatas sedangkan tiga sisanya adalah pemberian pelayanan terhadap secara cepat dan tanggap, ketersediaan sistem perpustakaan yang baik, dan jaminan profesionalisme dosen dalam proses belajar mengajar.

     

    Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Realibility, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangible.
    Isi: