STMI

Artikel Jurnal

    Judul: PENGURANGAN AKTIVITAS PADA PROSES BISNIS UNTUK MEMPERPENDEK LEAD TIME PADA PROSES SERVICE (STUDI KASUS: BENGKEL PT NMI KELAPA GADING)
    Penulis: Irma Agustiningsih Imdam, Dwi Susilo
    Jurnal/Volume: Jurnal Teknologi dan Manajemen Volume 12 No 2 Agustus 2014
    Abstrak:

    Pelayanan perawatan kendaraan bermotor saat ini sangat ketat, sehingga membuat perusahaan yang memiliki bengkel bekerja keras agar dapat memuaskan pelanggan. NMI sebagai salah satu bengkel yang melayani perawatan kendaraan tersebut mengalami permasalahan lamanya waktu pelayanan dan efisensi yang masih belum terlalu tinggi. Untuk tujuan penelitian adalah meningkatkan efisiensi dan memperpendek waktu pelayanan. Langkah-langkah yang dilakukan adalah mengidentifikasi aktivitas yang tidak bernilai tambah dalam pelayanan dan kemudian menyederhanakan aktivitas tersebut. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis yang dilakukan didapat dengan melakukan penyederhanaan aktivitas maka terjadi pengurangan jumlah stasiun kerja sebanyak 1 stasiun kerja dari 6 stasiun kerja menjadi 5 stasiun kerja yang juga akan mengurangi jumlah operator sebanyak 1 orang operator. Dengan berkurangnya jumlah stasiun kerja dan operator maka menyebabkan efisiensi menjadi meningkat sebesar 5,29% dari 76,90% menjadi 82,19% dan adanya penurunan waktu pelayanan sebesar 7,19 menit dari 65,71 menit menjadi 58,52 menit.

    Kata Kunci: Proses bisnis, Value added, Penyederhanaan Aktivitas
    Isi: