STMI

Artikel Jurnal

    Judul: PENERAPAN KAIZEN BLITZ DALAM PENANGANAN KUALITAS SUPPLY PART BATTERY N50 TD OUTLANDER SPORT
    Penulis: Huwae Elias P
    Jurnal/Volume: Jurnal Teknologi dan Manajemen Volume 15 No 1 Februari 2017
    Abstrak:

    Kualitas merupakan salah satu jaminan yang diberikan dan harus dipenuhi oleh perusahaan kepada pelanggan. Kualitas juga merupakan salah satu indikator penting bagi perusahaan untuk dapat eksis di tengah ketatnya persaingan dalam dunia industri. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan dan peningkatan kualitas produk secara terus-menerus sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan pelanggan. Outlander Sport merupakan salah satu produk dari Mitsubishi corporation yang dikelola oleh PT KTB dengan jumlah produksi yang stabil. Permasalahan yang dialami oleh PT KTB kali ini yaitu banyaknya produk cacat yang ditemukan pada supply parts battery N50 TD November 2016 yang melebihi target kecacatan unit yang sudah ditentukan oleh pihak QC PT KTB sebesar 0,2% per supply parts. Dari hasil pengolahan data didapati ketidaksesuaian (cacat) sebesar 56 unit dari total 850 unit yang terbagi ke dalam 17 lot produk. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa jumlah defect per satu juta kesempatan (DPMO) pada November 2016 adalah 21.960 unit dan level sigma sebesar 3,519 serta GAP yang terjadi sebesar 4,5% (GAP terbesar untuk tahun 2016).  
     

    Kata Kunci: Kaizen Blitz, DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control), DPMO (Defect per Million Opportunities).
    Isi: