Perkembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi mempengaruhi tumbuhnya aplikasi-aplikasi berbasis online di perangkat mobile seperti smartphone. Salah satunya dengan kehadiran penyedia jasa transportasi berbasis aplikasi seperti Uber, Grab, dan GO-JEK. Hal ini menyebabkan terjadinya perubahan perilaku konsumen dalam memilih layanan jasa transportasi dari yang bersifat tradisional menjadi digital. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis pengaruh perilaku konsumen dalam keputusan pemilihan layanan transportasi berbasis aplikasi dan mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi motivasi konsumen dalam memilih transportasi berbasis aplikasi. Penelitian ini menggunakan metode survei melalui kuesioner untuk mengambil data primer. Teknik pengambilan sampelnya bersifat non-probability dengan metode accidental sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, yaitu faktor budaya (X1), sosial (X2), pribadi (X3) dan psikologis (X4) dengan variabel dependennya adalah keputusan memilih layanan transportasi berbasis aplikasi (Y). Adapun data penelitian nantinya akan dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, serta analisis regresi linier berganda sehingga dapat diketahui arah hubungan antara faktor-faktor dalam perilaku konsumen dengan keputusan memilih transportasi berbasis aplikasi, apakah positif atau negatif.