Penerapan Good Governance (tata kelola yang baik) pada sektor pemerintahan, khususnya sektor layanan publik memiliki tingkat urgensi yang sama tinggi dengan sektor korporat. Tuntutan akan akuntabilitas dan transparansi, baik dari stakeholder maupun masyarakat luas, membutuhkan suatu perangkat pendukung terciptanya tata kelola yang baik di dalam organisasi. Tata Kelola TI (IT Governance). Penelitian ini menyoroti tata kelola Teknologi Informasi (TI) di Pusat Informasi dan Teknologi Keuangan (Pusintek) sebagai bagian dari unit TI di Sekretariat Jenderal (Setjen)XYZ. Penulisan pada penelitian ini bersifat studi kasus dan secara kualitatif melihat mekanisme penerapan tata kelola TI pada tempat studi kasus dan mencari besaran dari masalah-masalah terkait tatakelola TI. Secara khusus, akan dilihat faktor-faktor yang mendukung (enabler factor) dan menghambat (inhibitor factor) terwujudnya tata kelola TI yang baik